Selasa, 16 Oktober 2012

Nyi Imas


Saya merasa ada yang lucu dan geli ketika OB di kantor menyodorkan tagihan minuman yang saya ambil bulan lalu. Kebetulan sistem bayarnya ngutang dan dibayar setelah gajian. Kebetulan OB-nya kan orang Sunda jadi dia memanggil saya Teteh karena saya orang Serang. Disitu kertas itu tertera tulisan saya yang menuliskan nama Imas dan ternyata ada yang menambahkan kata Nyi di depan nama saya jadinya Nyi Imas hahahahahahaha…  Jadul banget. Kalo saja saya tidak tahu arti dari kata sapaan Nyi dalam kultur Sunda mungkin saya sebel banget kali. Nyai atau Nyi kan kesannya kayak nenek-nenek gitu. Kalo kagak tau sih mungkin cewek masih muda ngamuk dipanggil Nyai hahahahay.
Inget film Kabayan kan? Nah Kang Kabayan kan manggil gadis yang ia sukai dengan sapaan Nyi Iteung. Nyai atau Nyi itu dalam kultur Sunda sama dengan Neng (sapaan kepada gadis muda) perbedaannya adalah kalo Nyai/Nyi ini dipake sama orang-orang tua dulu dan Neng dipake sama orang-orang zaman sekarang. Nyai/Nyi ini khasnya Sunda Priangan. Jadi saya merasa geli sekaligus merasa senang  dan terhormat disapa Nyi walaupun jadul sekalee.
Dulu juga saya merasa ga keren banget kalo disapa Nong kayaknya kerenan Neng deh. Selidik punya selidik ternyata Nyai/Nyi dan Nong ini sama Cuma kalo Nyai/Nyi dipake Sunda Priangan dan Nong dipake Sunda Banten dan juga sama-sama jadulnya hahaha..
Saya kan tinggal di Serang yang mayoritas berbahasa Jawa dan orang-orang Jawa Serang yang termasuk golongan sepuh-sepuh dan orang-orang yang tinggal di kampung masih pake Nong untuk memanggil gadis muda sedangkan kalo di Serang kota udah pada pake Neng. Setelah tahu nilai dan budaya saya jadi lebih suka dengan Nong dan Nyai/Nyi ini walau jadul tapi unik dan menarik yah walaupun sekarang mulai tergeser dan kalah pamor dengan Neng yang dianggap lebih kota dan keren hahahaha..

1 komentar:

  1. Saya memangggil putri saya dengan panggilan sayang "Nong"....
    Istri saya sih manggil si Putri itu dengan panggilan "standar": yaitu "Dede".... karena, scara usia dialah yg paling kecil dlm keluarga...! :-)

    BalasHapus